Rabu, 29 Januari 2014

Kenali 8 Penyebab Rambut Panjang Menjadi Rontok

Masalah utama yang banyak dialami oleh para wanita dengan memiliki rambut panjang adalah rambut yang rontok, secara normal jika rambut yang rontok setiap harinya berkisar antara 40 helai rambut masih dikatakan wajar dan tidak perlu kawatir.

Namun apabila jumlah rambut yang rontok melebihi jumlah normal tersebut maka anda harus waspada dan perlu untuk mengatasi rambut rontok tersebut, umumnya jumlah rambut rontok akan bertambah jika seseorang tersebut mengalami stres, sakit dan kondisi tidak normal tertentu sehingga mempengaruhi keadaan rambut dan kulit kepala anda.

Beberapa cara perlu dilakukan dalam merawat rambut untuk mengatasi rambut rontok dalam jumlah yang tidak wajar (rontok parah) guna mencegah anda mengalami kebotakan. berikut cara merawat rambut agar tidak rontok: 


Kenali terlebih dahulu 8 penyebab rambut panjang anda menjadi rontok seperti di kutip dari artikel situs merdeka, sehingga anda dapat melakukan pencegahan sejak dini: 

1. Keturunan
Salah satu alasan terjadinya rambut rontok adalah faktor keturunan. Pada beberapa keluarga, gen yang menyebabkan rambut rontok bisa diturunkan pada anak-anak mereka. Jika ini yang terjadi pada kalian, tentunya akan sangat sulit diatasi. Biasanya hal ini bisa diketahui dengan cara memeriksakan diri pada ahli kulit. 

2. Hormon
Hormon yang tak seimbang juga bisa menyebabkan rambut rontok. Untuk itu, terkadang orang hamil yang mengalami ketidakseimbangan hormon bisa mengalami rambut rontok yang cukup parah. 

3. Penyakit
Penyakit diabetis dan lupus dapat menyebabkan terjadinya kerontokan pada rambut. 

4. Radikal Bebas
Radikal bebas adalah zat beracun yang dapat mempercepat proses penuaan dini. Pada umumnya radikal bebas berasal dari polusi dan asap-asap beracun. Akibatnya kulit menajdi keriput, munculnya bintik-bintik hitam pada wajah dan rambut menjadi lebih cepat rontok. 

5. Stres
Stres adalah salah satu penyebab rambut rontok yang sering dialami banyak orang. Rambut seringkali lebih mudah rontok ketika seseorang mengalami hal yang menyebabkan stres. Stres menyebabkan rambut lebih cepat rontok dibanding saat-saat biasa. 

6. Bahan kimia
Ini tentu tak mengejutkan. Bahan-bahan kimia yang ada dalam produk kecantikan dan perawatan rambut bisa menyebabkan rambut mudah rontok. Baik kalian menggunakan produk di rumah maupun di salon, pastikan untuk menggunakan produk yang tak terlalu mengandung banyak bahan kimia. Bahan kimia akan membuat rambut lebih rapuh, mudah rontok, dan mengganggu pertumbuhan folikel. 

7. Diet
Diet juga bisa menjadi penyebab rambut rontok. Jika kalian ingin melakukan diet yang ekstrem, lebih baik pikirkan masak-masak. Jangan melakukan diet yang bisa membuat tubuh kekurangan nutrisi dan vitamin. Ini akan berdampak tak hanya pada berat badan dan kesehatan tubuh, melainkan juga penampilan seperti rambut dan kulit. 

8. Gaya rambut
Faktor lain di balik kerontokan rambut yang parah adalah sering mengubah gaya rambut. ketika akan mengubah gaya rambut, pastikan kesehatan rambut dan folikel tetap terjaga. Beberapa gaya rambut bisa menarik rambut hingga akarnya dan membuat rambut lebih rapuh serta rentan patah. Misalkan sering mengikat rambut dengan gaya ekor kuda yang terlalu ketat. 

Dengan mengetahui terlebih dahulu penyebab rambut anda menjadi rontok, secara dini pula anda dapat melakukan pencegahan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kenali 8 Penyebab Rambut Panjang Menjadi Rontok