Senin, 12 Mei 2014

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh

Kali ini kita membahas tentang manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh, namun sebelum kita membahasnya lebih lanjut ada baiknya kita tau sedikit tentang seluk beluk buah nanas.
 
Tumbuhan yang memiliki ciri khas dengan mahkota buahnya adalah Buah Nanas, buah nanas sendiri sebenarnya memiliki aneka jenis macam dan rasanya, Namun buah nanas yang sering kita temui adalah nanas bogor.

Buah ini memang bukan buah asli dari Negara kita, alias buah yang berasal dari Negara Tropis” Paraguay, Bolivia dan brazil.  Namun seiring dengan kemajuan jaman dan perkembangan globalisasi, buah nanas sekarang ini sudah banyak dibudidayakan di negara kita.

Salah satu wilayah Indonesia yang kaya akan produk nanasnya adalah Lampung. Daerah ini memang memiliki lahan yang terhampar luas, jadi tak heran jika Lampung bisa menjadi salah satu daerah penyumbang nanas terbesar di Indonesia.
Buah Nanas 
Oh iya, buah nanas juga memiliki salah satu sebutan ilmiah seperti buah pada umumnya, nama ilmiah/ latin dari buah bermahkota ini adalah Ananas comosus.

Nah sudahkan anda mengetahui beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari  mengkonsumsi buah nanas??? Jika anda masih belum mengetahuinya, dan masih bingung berikut akan kami sajikan artikel manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh:

MENGATASI MASALAH PERADANGAN KULIT
Nanas bisa anda gunakan sebagai salah satu alternative untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada kulit tubuh anda. Adapun caranya, siapkan setengah belahan nanas matang. Buang dan Kupas bagian kulitnya, kemudian parut nanas. Gunakan parutan buah nanas ini untuk mengolesi/menggosok kulit tubuh anda yang terlihat bersisik dan mengelupasnya. Gunakan cara alami ini setiap anda ingin tidur dan biarkan terbawa hingga pagi harinya.

MEMBANTU PROSES PELUNAKKAN MAKANAN
Salah satu kandungan dan senyawa alami buah nanas adalah enzim bromelain, dimana kandungan ini bermanfaat bauk untuk melunakan makanan yang sudah masuk dalam lambung. Satu lagi kandungan alami ini juga bermanfaat untuk membantu tubuh mengurangi peredaran sel kanker.

DAPAT MENGHILANGKAN KETOMBE MEMBANDEL
Apakah anda mengalami masalah ketombe, jika iya anda bisa mencoba cara ini untuk menghilangkan ketombe tersebut. Adalpun langkahnya adalah, siapkan buah nanas yang sudah masak secukupnya (1/4), kupas dan hilangkan bagian kulitnya, lalu parut buah nanas dan peras untuk diambil airnya. Campur air perasan tersebut dengan perasan jeruk nipis. Gunakan camuran bahan ini untuk mengkramas rambut sampai merata.

MENINGKATKAN KADAR GULA DARAH DALAM TUBUH
Untuk anda yang memiliki masalah gula darah yang rendah, anda dapat menaikan kadar gula darah tersebut dengan mengkonsumsi rutin buah Nanas setiap hari.

MENCEGAH PENYAKIT KANKER
Adanya kandungan Vitamin A serta Vitamin C yang ada pada buah nanas,ternyata bermanfaat untuk antioksidan tubuh alami, dimana kedua kandungan ini mampu membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas yang memicu serangan penyakit kanker.

MENGATASI SEMBELIT ALAMI
Salah satu penyebab penyakit sembelit adalah karena kurangnya asupan makanan yang mengandung serat tingii.  Sedangkan buah nanas sendiri memiliki kandungan serat yang cukup baik sehingga bisa memenuhi kebutuhan asupan serat tersebut. Adapun caranya adalah anda hanya harus minum jus buah nanas saja.

Nah banyak bukan manfaat dari buah nanas, walaupun sepertinya kurang bermanfaat namun ternyata nanas sangatlah bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Terimakasih kunjungannya semoga hidangan artikel diatas dapat menambah wawasan kita semua. Jangan lupa baca juga manfaat kacang merah yah, terimakasih. Salam sehat GO GREEN.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh