Sabtu, 01 Agustus 2015

Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan

Kesemek adalah nama sejenis buah-buahan dari marga Diospyros. Tanaman ini dikenal pula dengan sebutan buah kaki, atau dalam bahasa Inggris dinamai Oriental (Chinese/Japanese) persimmon. Nama ilmiahnya adalah Diospyros kaki. (‘Kaki’, bahasa Jepang, adalah nama zat tanin yang dihasilkan buah ini).

Kesemek yang matang berwarna antara jingga kekuningan sampai kemerahan dan berdiameter antara 2-8 cm. Buah ini dapat dimakan langsung dalam keadaan segar setelah diolesi dengan air kapur dan diperam, agar rasa sepatnya hilang. Buah juga dapat dikeringkan atau diolah menjadi selai, agar-agar, es krim dan lain-lain. Buah kesemek segar mengandung 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa, 0,7% protein, vitamin A dan kalium.


Manfaat buah kesemek bagi kesehatan sangatlah beragam beberapa penyakit yang dapt dicegah dan diobati dengan mengonsumsi buat ini adalah seperti penyakit asma dan batuk berdahak, sakit perut, penyakit jantung, diare dan disentri. Buah kesemek juga berfungsi untuk menjaga kesehatan limpa, dan paru-paru sehingga tetap terjaga keberfungsiannya. Anda hanya tinggal mengonsumsi buah kesemek dalam keadaan matang secara langsung atau dapat dibuat penganan lain.

Buah kesemek yang sudah matang cocok untuk dijadikan menu diet Anda. Manfaat buah kesemek untuk diet adalah dapat mengurangi kosumsi kalori Anda. Kandungan karbohidrat yang cukup akan mengenyangkan perut Anda juga tidak akan membuat Anda merasa haus karena buah kesemek memiliki kandungan air yang banyak pula.

Manfaat buah kesemek untuk kulit pun dapat diperoleh hanya dengan mengonsumsi buah kesemek yang sudah matang. Buah kesemek mengandung vitamin C yang tinggi juga kaya dengan antioksidan yang akan membantu mencerahkan kulit dan mengurangi masuknya radikal bebas ke dalam kulit sehingga kulit tidak akan terlihat kusam dan kurang bercahayanya. Manfaat ini kadang tidak disadari oleh orang orang padahal manfaat ini begitu besar bagi kesehatan kulit Anda.

Mengonsumsi buah kesemek pun dianjurkan untuk ibu yang sedang mengandung. Manfaat buah kesemek untuk ibu hamil terdapat pada kandungan buah kesemek itu sendiri. Salah satunya adalah kolin yang dapat membantu pertumbuhan janin dan membantu menambah darah, dan menjaga asupan nutrisi untuk janin. Ibu hamil memang disarankan mengonsumsi buah kesemek untuk menjaga kestabilan gula darah, pemenuhan vitamin dan mineral yang seimbang.

Demikianlah beberapa manfaat buah kesemek yang bisa Anda rasakan hanya dengan mengonsumsi buah yang terkenal genit ini. Buah ini pun bisa dijadikan kudapan lain berupa jus, atau kue yang tentu akan memberikan pengalaman berbeda dalam menyantam buah kesemek tetapi dengan kandungan yang sama.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan